Espanyol

Sebagai penggemar sepak bola Spanyol tentu Anda tak ingin melewatkan pertandingan Espanyol, klub yang berumur hanya setahun lebih muda dari rivalnya, FC Barcelona. Menyaksikan pertandingan Espanyol di kandangnya juga akan menjadi pengalaman menarik dan Anda tidak akan kesulitan karena stadionnya yang terletak hanya 10 km dari pusat kota Barcelona. Dapatkan tiket Espanyol di StubHub dan saksikan secara langsung pertandingannya di Stadion Estadi Cornella-El Prat.

Didirikan pada 28 Oktober 1900, Espanyol (Reial Club Deportiu Espanyol de Barcelona, S.A.D) merupakan klub rival sekota FC Barcelona yang berasal dari Catalunya, Spanyol. Klub yang setidaknya memiliki tiga nama julukan, di antaranya Periquitos (Parkit), Blanquiblaus (Biru putih), dan Magico (Keajaiban) ini bermarkas di stadion Estadi Cornella-El Prat yang memiliki kapasitas penonton sebanyak 40.500 orang.

Sejarah Espanyol

Ikut memelopori dan menjadi salah satu anggota pendiri kompetisi La Liga pada tahun 1928-1929, Espanyol adalah klub yang didirikan oleh seorang mahasiswa teknik Universitas Barcelona bernama Angel Rodriguez. Espanyol menjadi klub pertama di Spanyol yang awalnya didirikan secara eksklusif oleh penggemar sepak bola Spanyol dan diproyeksikan sebagai klub yang hanya menaungi pemain-pemain yang berkewarganegaraan Spanyol.

Sebagai salah satu klub sepak bola tertua serta memiliki sejarah panjang dan penting di Spanyol, Espanyol sempat beberapa kali berganti nama. Saat pertama didirikan, klub Espanyol dikenal dengan nama Sociedad Española de Football yang setahun kemudian berganti nama menjadi Club Español de Futbol. Pada tahun 1909, Espanyol mengubah namanya menjadi Club Deportivo Español dan pada tahun 1912 Raja Alfonso XIII memberikan gelar Reial (Royal) pada klub Espanyol, yang akhirnya hingga saat ini dikenal sebagai Reial Club Deportiu Espanyol de Barcelona.

Espanyol yang saat ini bermarkas di Estadi Cornella-El Prat sejak 2 Agustus 2009, sebelumnya bermarkas di Estadi Olimpic Lluís Companys yang pernah menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas pada tahun 1992, dan Estadi de Sarria yang menjadi tuan rumah FIFA Piala Dunia 1982.

Pemain handalan dan prestasi Espanyol

Selama lebih dari 100 tahun, Espanyol telah menjadi rumah bagi pemain-pemain terkenal kelas dunia. Bintang dari klub biru-putih yang pertama adalah seorang kiper Ricardo Zamora. Pemain lokal lain, Raúl Tamudo berhasil menembus tim utama melalui program tim pemuda RCD Espanyol yang kemudian menjadikan dirinya sebagai pencetak gol klub terbanyak sepanjang masa. Pemain-pemain internasional lain seperti Alfredo di Stefano, Kubala, N'Kono juga tercatat pernah bermain untuk Espanyol.

Tiga tahun setelah berdiri, Espanyol sukses memboyong pulang Piala Campionat de Catalunya. Espanyol kemudian memenangkan piala tersebut sebanyak tiga kali berturut-turut mulai dari tahun 1906. Catatan prestasi yang dimiliki Espanyol tak hanya berhenti di situ saja. Mereka juga telah menjuarai piala Copa del Rey sebanyak empat kali pada tahun 1929, 1940, 2000, dan 2006. Meski hingga saat ini belum berhasil meraih gelar juara La Liga, Espanyol merupakan klub keenam paling sukses dalam sejarah dunia sepak bola di Spanyol. Di ajang kompetisi Eropa UEFA Cup, Espanyol sukses mencapai posisi runner-up dua kali pada tahun 1988 dan 2007.


Di mana

  • Semua
Belum tersedia jadwal acara untuk Espanyol
Kami menggunakan cookie untuk meningkatkan layanan web kami. Jika Anda ingin melanjutkan browsing, kami menganggap Anda menyetujui penggunaannya. Pelajari lebih lanjut tentang Kebijakan cookie di sini.