Real Sociedad

Bila Anda menggilai olahraga sepak bola dan menyukai dinamika pertandingan dari klub-klub sepak bola asal Spanyol dalam La Liga, maka selain Real Sociedad, tentunya Anda tidak sabar pula untuk melihat pertandingan langsung dari klub Real Madrid ataupun Barcelona. Karenanya, dapatkan tiket pertandingan dari klub-klub favorit Anda di StubHub! Keamanan dan kemudahan transaksi jual beli tiket Anda membuat kesempatan Anda semakin nyata.

Berasal dari kota San Sebastian, Basque Country, Spanyol, tim sepak bola Real Sociedad juga dikenal dengan nama La Real. Setelah berpindah dari markas lamanya, Atotxa, klub ini menempati stadion kandang bernama Anoeta, dengan kapasitas sekitar 32.200 penonton dan diresmikan pada tahun 1993. Klub dari daerah ini tak hanya digandrungi Donostiarra, sebutan penduduk asal wilayah San Sebastian, fansnya juga datang dari wilayah lain di Spanyol bahkan di negara lain.

Masa awal La Real

Sepak bola diperkenalkan pertama kali di San Sebastian oleh pelajar dan pekerja yang kembali dari Inggris pada awal 1900-an. Di tahun 1905, sebuah klub sepak bola amatir bernama San Sebastian FC dibentuk, yang menjadi embrio dari Real Sociedad. Empat tahun setelahnya pada tahun 1909, klub ini mendapatkan restu dan nama baru dari King Alfonso XIII, raja Spanyol saat itu. Real Sociedad pun terbentuk di tahun 1928 dan menjadi salah satu dari 9 klub Spanyol pendiri La Liga.

Klub ini juga pernah berganti nama menjadi Donostia Club de Futbol di tahun 1931 dan kemudian kembali dengan nama aslinya pada tahun 1939, setelah berakhirnya perang saudara di Spanyol. Pada awalnya, seperti klub Atletico Bilbao, Real Sociedad hanya menerima pemain yang berasal dari Basque, namun praktik tersebut mulai ditanggalkan pada tahun 1989 saat John Aldridge meninggalkan Liverpool untuk bergabung dengan La Real. Karena sama-sama berasal dari wilayah Basque, maka persaingan antara Real Sociedad dan Atletico Bilbao pun tak terelakkan. Keduanya menjadi rival abadi.

Real Sociedad menyaingi Real Madrid di masanya

Era 1980-an menjadi puncak kejayaan La Real. Musim 1979-80 adalah kali pertama klub ini menjadi runner up dengan total 52 poin (dengan peringkat pertama Real Madrid, yang meraih 53 poin). Tak hanya itu, pada musim berikutnya Real Sociedad berhasil menjuarai La Liga, menyudahi hat-trick Real Madrid di musim-musim sebelumnya. Kemenangan ini memberikan kesempatan bagi La Real untuk bersaing pada Liga Champions UEFA 1981-82, walau akhirnya klub ini harus menelan pil pahit kekalahan pada babak pertama oleh CSKA Sofia dari Bulgaria.

Musim berikutnya, di tahun 1982-83, La Real kembali menjuarai La Liga dan melaju hingga babak semi final di Liga Champions UEFA. Pada musim yang sama pula, klub ini memenangkan Supercopa de España. Selang empat tahun kemudian, Real Sociedad mencetak rekor gol terbanyak pada babak perempat final Copa del Rey, di tahun 1987. La Real memenangkan turnamen ini setelah mengalahkan Atlético Madrid melalui adu pinalti dengan skor akhir 4-2. Pada musim selanjutnya, klub asal San Sebastian ini menjadi runner up di turnamen Copa del Rey dan juga menjadi runner up di La Liga pada musim yang sama.


Di mana

  • Semua
Belum tersedia jadwal acara untuk Real Sociedad
Kami menggunakan cookie untuk meningkatkan layanan web kami. Jika Anda ingin melanjutkan browsing, kami menganggap Anda menyetujui penggunaannya. Pelajari lebih lanjut tentang Kebijakan cookie di sini.